Jumat, 26 Agustus 2011

Ngga Perlu Iri !!

Bismillah..

Sahabat saya hanya ingin berbagi cerita seorang teman karib saya. Beliau seorang gadis yang energik, periang, punya semangat untuk belajar yang tinggi tapi agak sedikit slebor (hehe..piss ^^v). Ia aktif di beberapa kegiatan kemahasiswaan dan di luar dia ikut beberapa organisasi dan training-training motivasi. Namun suatu hari ia mengeluhkan sesuatu hal pada saya. Entahlah mungkin saat itu semangatnya sedang drop. Padahal biasanya saya yang malah banyak diingatkan olehnya.

Dia berkata “Kenapa hidup gue gini-gini aja ya de? Terkadang gue sering iri sama teman gue si x yang lebih cantik, pintar, dan berasal dari keluarga yang berada. Atau si y yang lebih jago ngomong, banyak temannya, dan sebagainya. Bla..bla..bla.”. Kemudian saya tanya dia tau darimana si x atau y itu begini dan begitu? Dia hanya menjawab “Kayaknya sih gitu..” jawabnya santai.

Dari keluhanya saat itu saya cuma bilang “Terkadang apa yang kita lihat belum tentu yang sebenarnya. Mereka juga pasti punya masalah kok, lu ngga perlu iri.”(ikutan slebor mode on ).

Kemudian karena aktivitas kami masing-masing beberapa minggu tak bertemu. Sampai akhirnya dia mengirim mesej, “De, kapan kita bisa ketemu? Gue udah tau jawabannya sekarang.” Ucapnya dengan semangat. Oke saat itu akhirnya kami bertemu.

Dia menuturkan jawaban dari pertanyaan yang ia keluhkan waktu itu. Begini ceritanya:
“Gini de, waktu itu gue naik bis ke Bandung. Di suatu jalan ada beberapa cewek anak Sma yang naik bis yang gue naiki. Kemudian salah satunya duduk di samping kursi gue. Anak itu kecil kayak anak SD, pakai jilbab putih walau masih kelihatan poni-nya.

“Trus gue tanya, sekolah dimana, kelas berapa, dll. Sampai akhirnya gue nanya nanti mau masuk mana-universitas. Gue cerita ngasih rekomendasi maksudnya. Tapi yang diajak ngobrol malah diem aja. Terus gue tanya “kalo orang tua nyuruhnya masuk mana?”. Lha, dia tambah diem terus nunduk.

“Pelan anak itu bilang “Emm..saya ga tau mau masuk mana teh. Saya sekarang tinggal di panti bersama 34 temen saya. Walau ada teman yang kuliah di unpad tapi saya belum tahu ingin masuk yang mana. Saya juga ga tau bakal meneruskan atau tidak”. Spontan gue langsung kaget de. Haduh! Gue ngerasa nyesel banget nanya gitu. Langsung aja gue minta maaf sama anak itu. Dan kita lanjutin ngobrol seputar anak-anak di panti itu.”

“Beneran de, gue dah tau jawabanya. Gue ga akan ngerasa puas kalo liat ke atas mulu. Padahal ada yang lebih kekurangan dari gue. Gue sering ngeliat temen-temen gue banyak yang demen, tajir, pinter, dan lain-lain. Gue ngiri akan hal itu. Tapi setelah gue mikir lagi, ngapain juga harus ngiri. Bener kata lu, toh mereka pasti punya masalah juga.

“Karena hidup ga selamanya mulus. Pasti mereka lewatin jalan berbatu juga. Sekarang gue tau kalo gue ngerasa iri sama seseorang, gue inget lagi anak panti itu. Mereka ga punya keluarga untuk bernaung, boro-boro untuk bermimpi masuk universitas, untuk bekel sehari-hari aja susah katanya.”

Akhirnya saya banyak belajar dari sahabat saya itu. Belajar untuk bersyukur akan apa yang dimiliki. Belajar untuk melihat ke bawah jika suatu saat kita iri akan keberhasilan orang lain. Walau sesekali kita perlu melihat ke atas hanya untuk memicu diri agar menjadi lebih baik lagi. Bukankah semua burung awalnya tidak bisa terbang? Tapi Allah menitipkan potensi untuk ia bisa terbang. Pun kita manusia, perlu kita yakini bahwa setiap kita dititipi potensi, lalu mengapa mesti iri?


Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Bandung, 13 Maret 2010

Tidak ada komentar: